Gudeg Jogja

Gudeg Kering
Gudeg Kering
Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gori (nangka muda) yang bergetah setelah dibersihkan kemudian dimasak dalam kuah santan bersama bumbu dan rempah-rempah selama berjam-jam. Setelah matang, gori menjadi empuk dan agak manis. Gudeg biasanya disajikan bersama sambal goreng krecek (kulit sapi) pedas, telur pindang, tahu dan tempe bacem, serta ayam opor atau ayam bacem lalu disiram dengan areh gurih sebelum disajikan.
Gudeg Basah
Gudeg Basah
Sebenarnya gudeg dibagi menjadi 3 jenis, gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar. Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer. Biasanya banyak diminati untuk sarapan. Gudeg kering yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, dimasak dalam waktu yang lebih lama hingga kuahnya mengering dan warnanya lebih kecoklatan. Gudeg jenis ini bisa tahan hingga 24 jam atau bahkan lebih jika dimasukkan ke dalam lemari es sehingga banyak diburu orang sebagai oleh-oleh. Biasanya dikemas dalam kardus, besek (kotak dari anyaman bambu) atau kendil tanah liat. Kemudian gudeg manggar ( bunga kelapa ), yaitu gudeg yang disajikan dengan manggar. Manggar ( bunga kelapa ) menghasilkan sensasi kelezatan tersendiri, bunganya terasa crunchy sedangkan tangkainya sekilas memiliki rasa mirip jamur tiram.

Gudeg Kendil
Gudeg Kendil
Gudeg basah, gudeg kering, maupun gudeg manggar dapat anda temukan di :
. Gudeg Batas Kota (Jl. Adisucipto depan Saphir Square) - Gudeg basah
. Gudeg Yu-Narni (+62 274 867231; Jl. Palagan Tentara Pelajar 102) - Gudeg kering
. Gudeg Yu Djum (+62 274 515968; Jl. Kaliurang Km 4,5 Karang asem CT III/22) - Gudeg kering
. Gudeg Bu Ahmad (+62 274 520049; Jl. Kaliurang km 4,5) - Gudeg kering
. Gudeg Bu Tjitro 1925 1925 (+62 274 564734; Jl. Janti 330) - Gudeg kering
. Warung Makan Mbok Brewok (+62 274 445697; Jl. Parangtritis km.7) - Gudeg manggar

Sentra Gudeg - Gudeg Barek
Sentra Gudeg - Gudeg Barek
Sentra Gudeg - Gudeg Wijilan
Sentra Gudeg - Gudeg Wijilan
Di kota Jogja, hampir di setiap sudut kota ini gudeg dapat ditemukan. Namun daerah Wijilan dan Barek yang lebih dikenal sebagai sentra gudeg dibandingkan dengan daerah yang lain di kota Jogja. Wijilan berada tidak jauh dari kompleks Kraton Yogyakarta, dapat dicapai dengan 10 menit berjalan kaki. Sedangkan daerah Barek berada di sebelah utara kawasan Kampus UGM. Berikut beberapa gudeg yang terkenal dari daerah Wijilan dan Barek :
. Gudeg Yu Djum (Jl. Wijilan 31) - Gudeg Wijilan
. Gudeg Bu Slamet (+62 274 380429; Jl. Wijilan 17) - Gudeg Wijilan
. Gudeg Bu Tarto (Jl. Wijilan 15) buka 24 jam - Gudeg Wijilan
. Gudeg Bu Ahmad (+62 274 520049; Jl. Kaliurang km 4,5) - Gudeg Barek
. Gudeg Yu Djum (+62 274 515968; Jl. Kaliurang Km 4,5 Karang asem CT III/22) - Gudeg Barek
. Gudeg Yu Narni (+62 274 589687; Jl. Kaliurang km 4,5 Karangasem CT III/19) - Gudeg Barek

Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum
Gudeg di Jogja dapat dinikmati diwaktu kapanpun, dari dini hari hingga tengah malam ada saja penjualnya. Di pagi dini hari, gudeg di daerah Wijilan dan Barek sudah mulai tersaji melayani mereka yang berburu gudeg untuk menu sarapan. Gudeg di daerah Wijilan dan Barek buka setia melayani pelanggan hingga pukul 8 atau 9 malam. Jika anda tiba-tiba ingin merasakan kelezatan gudeg saat tengah malam, anda dapat meluncur ke Gudeg Batas Kota (Jl. Adisucipto depan Saphir Square) yang mulai buka pada jam 10 malam hingga dini hari. Selain itu anda juga dapat mencoba sensasi menikmati gudeg langsung di pawon (dapur) di Gudeg Pawon (Jl. Janturan 36-38 Warungboto).

Gudeg Pawon
Gudeg Pawon
Salah satu penjual Gudeg (1)
Salah satu penjual Gudeg (1)
Salah satu penjual Gudeg (2)
Salah satu penjual Gudeg (2)


















Selamat berwisata...


0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung saya hapus. Terimakasih.


Post a Comment