Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Yogyakarta
Pantai Parangtritis Yogyakarta
Kawasan wisata Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Jogjakarta, sekitar 27 km sebelah selatan Kota Yogyakarta dengan jalan yang relatif datar sehingga sangat mudah dicapai. Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti pantai Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Pantai Prangtritis mudah dicapai, baik dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pk 17.00 maupun kendaraan pribadi.

Ombak Besar di Pantai Parangtritis
Ombak Besar di Pantai Parangtritis
Sunset di Pantai Parangtritis Yogyakarta
Sunset di Pantai Parangtritis Yogyakarta
Parangtritis adalah sebuah pantai yang landai dan mempesona dikombinasikan dengan bukit berbatu, bukit pasir, dengan pasir berwarna hitam. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Pantai Parangtritis yang cantik memiliki banyak fenomena yang menarik, baik pemandangan alamnya maupun kisah supranaturalnya. Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan.

Labuhan di Pantai Parangtritis
Labuhan di Pantai Parangtritis
Komplek yang termasuk kawasan wisata Pantai Parangtritis meliputi Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Dataran Tinggi Gembirowati, Petilasan Parangkusumo, Pemandian Parangwedang, Makam Syeh Maulana Magribi, Makam Syeh Bela Belu, Makam Ki Ageng Selohening, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok, dan Gumuk Pasir (barchan).

Meskipun pengunjung dilarang berenang, Pantai Parangtritis tidak kekurangan sarana untuk having fun. Di pinggir pantai ada persewaan ATV (All-terrain Vechile), tarifnya sekitar Rp. 50.000 - 100.000 per setengah jam. Masukkan persneling-nya lalu lepas kopling sambil menarik gas, motor segala medan beroda 4 ini akan melesat membawa Anda melintasi gundukan pasir pantai. Di Parangtritis ada juga kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat.

ATV di Pantai Prangtritis
ATV di Pantai Prangtritis
Bendi di Pantai Prangtritis
Bendi di Pantai Prangtritis
Fasilitas di kawasan wisata ini sudah cukup lengkap. Di sekitar pantai, terdapat banyak sekali hotel dan penginapan dengan berbagai range harga, termasuk hotel dan penginapan yang terletak di atas bukit yang menawarkan pemandangan pantai yang sangat indah. Di sekitar kawasan pantai, Anda juga bisa menemukan berbagai macam toko souvenir dan oleh-oleh khas Jogjakarta, serta warung-warung makan. Sebaiknya Anda tidak melewatkan wisata kuliner di Pantai Depok yang menyediakan ikan dan makanan laut segar lainnya, langsung dibeli dan dimasak di tempat, dengan pilihan bumbu masakan yang sangat lezat.

Tersedia banyak tempat makan di sekitar pantai
Tersedia banyak tempat makan di sekitar pantai
Berbagai jenis ikan, udang, dll di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok
Berbagai jenis ikan, udang, dll di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok
Anda bisa membeli berbagai jenis ikan, udang, cumi-cumi, atau kepiting di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok dan menyewa jasa masak (yang sekaligus menyediakan tempat makan lesehan, nasi, sambal, lalapan, dan berbagai jenis minuman termasuk kelapa muda segar) di warung-warung yang berjejer di sepanjang Pantai Depok. Menyantap seafood segar dan fresh from the kitchen dengan harga yang relatif murah dan terjangkau, ditemani sebutir kelapa muda sambil menyaksikan pemandangan laut sungguh merupakan pengalaman tak terlupakan.

Selamat berwisata...


View Pantai Parangtritis in a larger map



0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung saya hapus. Terimakasih.


Post a Comment