Tips Traveling Bagi Ibu Hamil

Tips Aman Bepergian Bagi Ibu Hamil
Tips Aman Bepergian Bagi Ibu Hamil
Bagaimana cara aman bepergian bagi ibu hamil? Wanita hamil biasanya ragu untuk bepergian jauh, terutama saat menumpang pesawat terbang. Namun kenyataannya, travelling bukanlah menjadi hal terlarang bagi wanita yang sedang mengandung. Melakukan perjalanan selama hamil memang memerlukan kiat-kiat dan perhatian khusus agar kondisi kandungan ( sang ibu maupun calon bayi ) tetap aman dan perjalanan pun menyenangkan. 

Pada trimester pertama biasanya badan masih menyesuaikan diri dengan perubahan fisik dan emosi akibat kehamilan. Namun sejauh tidak ada masalah dengan kondisi kandungan anda, secara umum bepergian bagi ibu hamil di fase awal kehamilan adalah aman. Kecuali jika dokter menyarankan agar anda tidak bepergian untuk sementara waktu. Berikut beberapa tips bepergian saat hamil agar tetap sehat dan aman :

1. Lakukan Pemeriksaan Terlebih Dulu
Lakukan check-up ke dokter kandungan sebelum melakukan perjalanan. Jangan berangkat sebelum Anda mendapatkan hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter. Anda juga dapat meminta bekal obat-obatan atau supleman yang mungkin perlu Anda konsumsi selama diperjalanan, untuk menjaga kondisi kehamilan Anda. Misalnya, obat untuk mengatasi kontraksi yang timbul akibat kelelahan.

2. Perhatikan Pemilihan Waktu
Jika tidak ada komplikasi pada kandungan, momen terbaik untuk melakukan perjalanan adalah pada periode 14 dan 28 minggu masa kehamilan. Cari tahu fasilitas perawatan kesehatan apa saja yang terdapat di tempat tujuan, untuk berjaga-jaga apabila Anda membutuhkan pertolongan medis yang mendesak. Disarankan untuk membawa cacatan medis agar Anda dapat memberikan informasi relevan mengenai riwayat kehamilan kepada dokter jika diperlukan.

3. Utamakan Kenyamanan
Sebaiknya gunakan pelengkapan yang nyaman. Misalnya dalam memilih alas kaki, gunakan sepatu atau sandal dengan hak rata, yang nyaman dan sedikit longgar. Gunakan pakaian yang nyaman, cari bahan yang dingin dan mudah menyerap keringat. Saat diperjalanan, usahakan agar anda tetap releks dan tidak tegang. Carilah posisi duduk yang nyaman. Pikirkan hal-hal yang positif. Ingatkan orang yang menyetir agar lebih berhati-hati, mintalah untuk menghindari lubang atau jalan yang rusak. Dengarkan musik, sambil menikmati perjalanan. Musik bisa membuat ibu hamil lebih releks, selain itu musik juga dapat memberi ketenangan untuk si jabang bayi.

4. Selalu Membawa Makanan dan Minuman
Jangan berpergian dengan perut kosong, apalagi bila anda sedang mengalami “morning sickness” (mual-muntah). Bawalah beberapa makanan kecil untuk mencegah mual. Selama kehamilan anda tak pernah tahu kapan anda menjadi lapar. Pilih cemilan yang bergizi dan tentunya tidak berbahaya untuk kandungan. Konsumsilah makanan yang bersih dan hindari makanan yang belum matang seperti buah yang belum dikupas, sayuran mentah, maupun susu yang belum dipasteurisasikan.

5. Jangan Lupa Membawa Bantal
Saat hamil, bagian punggung dan pinggang belakang biasanya menjadi lebih mudah pegal. Menempatkan bantal kecil di kursi tempat Anda duduk dapat menjadi salah satu solusi. Menempatkan satu atau dua bantal di bawah kaki, di bawah perut dan di belakang punggung juga dapat membuat perjalanan Anda terasa lebih nyaman.

Selamat berwisata...



0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung saya hapus. Terimakasih.


Post a Comment